Kita Lebih Berwawasan

Saturday, December 1, 2018

STUDI KASUS ANAK KESULITAN BELAJAR

STUDI KASUS ANAK KESULITAN BELAJAR


Dengan Sartika - Hai sobat semuanya, jarang banget loh sartika ngepost sebuah makalah. Hehhe. Makalah ini dulunya tugas kuliah. Ceritanya dulu Sartika susah banget sobat cari artikel tentang studi kasus anak kesulitan belajar. Sudah cari kemana2 juga belum ketemu. Jadi Sartika mau berbagi buat sobat semua. 





STUDI KASUS ANAK KESULITAN BELAJAR

BAB I

PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, kita dihadapkan dengan sejumlah karakterisktik siswa yang beraneka ragam. Ada siswa yang dapat menempuh kegiatan belajarnya secara lancar dan berhasil tanpa mengalami kesulitan, namun di sisi lain tidak sedikit pula siswa yang justru dalam belajarnya mengalami berbagai kesulitan. Kesulitan belajar siswa ditunjukkan oleh adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar, dan dapat bersifat psikologis, sosiologis, maupun fisiologis, sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan prestasi belajar yang dicapainya berada di bawah semestinya.
Sebagai seorang guru yang sehari-hari mengajar di sekolah, tentunya tidak jarang harus menangani siswa-siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Siswa-siswa yang sepertinya sulit sekali menerima materi pelajaran, baik pelajaran membaca, menulis, serta berhitung. Hal ini terkadang membuat guru menjadi frustasi memikirkan bagaimana menghadapi anak-anak seperti ini.
Berdasarkan pengamatan pada saat proses belajar mengajar dan wawancara dari beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar, serta metode pembelajaran guru yang kurang memberikan porsi yang cukup untuk mengadakan tindakan khusus terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar, maka fenomena tersebut menjadi bagian dari sitem pendidikan yang tak pernah lepas.
Dari hal tersebut di atas, maka pada penelitian yang berjudul “ Studi Kasus Kesulitan Belajar Siswa Kelas  III SDN Bangkuyung 4 ” ini memberikan kontribusi supaya mampu memberikan perubahan dan pengentasan masalah kesulitan belajar siswa.
B. Identifikasi Masalah
Identifikasi penulis dalam penulisan studi kasus ini yaitu Kesulitan Belajar Siswa SDN Bangkuyung 4
C.  Pembatasan Masalah
Untuk mempermudah dalam penulisan studi kasus, dikarenakan skope pembahasannya yang luas maka penulis membuat batasan masalah hanya berkisar pada masalah : Kesulitan Belajar Siswa Kelas  III SDN Bangkuyung 4
Share:

0 komentar:

Post a Comment