Kita Lebih Berwawasan

Tuesday, May 29, 2018

Insert Data Melalui Excel Ke Dalam Database Dengan HeidiSQL

Insert Data Melalui Excel Ke Dalam Database Dengan HeidiSQL


Dengan Sartika - Kali ini kita akan menginsert data kedalam database. Mengapa melalui excel ? Kenapa tidak dengan cara biasa saja ? Untuk penginputan data dalam jumlah yang sangat banyak atau size/ukuran file sangat besar dengan melalui excel sangatlah cepat menurut Dengan Sartika.



Sebelumnya kita telah membahas apa itu HeidiSQL dan bagaimana cara konfigurasinya. Kali ini kita akan melakukan insert data kedalam database dengan menggunakan HeidiSQL.
Langsung saja kita mulai tahap-tahapnya :

1. Disini kita menggunakan HeidiSQL, kalau belum ada silahkan download terlebih dahulu.

2. File data sql yang akan kita masukkan kedalam database melalui excel.

3. Buka File data sql yang akan kita masukkan kedalam database melalui excel. Proses ini seperti biasa dengan cara Open - kemudian cari file dengan extension .sql, dan ikuti seperti gambar dibawah ini. 



4. Kemudian save file sql dengan format .CSV. Disarankan agar menyimpan file .CSV tersebut pada folder yang sangat mudah di akses dan anda ingat.

5. Kemudian buka HeidiSQL yang sudah terkoneksi dengan database. Sebagai contoh, disini akan memasukkan data ke db_september_2017 dengan nama tabel atfilling. Masuk tabel atfilling.

6. Jika anda sudah terkoneksi dengan database, kemudian pilih tabel yang akan anda insert. Pelanjutnya pilih menu icon seperti gambar di bawah, dan kemudian cari file .CSV yang akan kita masukkan kedalam tabel. 


7. Setelah memilih file CSV yang akan kita masukkan, selanjutnya klik impor, dan tunggu maka data akan masuk kedalam atfilling. Proses ini tergantung dengan besar dari file .CSV tersebut. Semakin besar file .CSV maka waktu yang dibutuhkan  untuk proses insert data memakan waktu yang sedikit lama.
Jika anda mengikuti tutorial ini dengan teliti dan mengikuti tahapannya, seharusnya data yang anda insert kedalam tabel seharusnya sudah masuk. 

Sangat mudah bukan, semoga artikel ini bermanfaat buat kalian yang ingin menginsert data kedalam database yang terkendala dengan size atau ukuran file yang sangat besar.


Share:

0 komentar:

Post a Comment