Kita Lebih Berwawasan

Tuesday, June 5, 2018

Membuka Program VBA Yang Diprotect

Membuka Program VBA Yang Diprotect


Dengan Sartika - Halo semua sobat Sartika, siapa yang saat ini sedang belajar Macro Vba excel ? Kali ini kita akan membahas Macro VBA.


Macro
Sebenarnya adalah sebuah script pada sebuah aplikasi (tidak hanya excel/office tapi juga aplikasi-aplikasi lainnya) untuk membuat otomatisasi. Script tersebut, akan memerintahkan aplikasi untuk melakukan pekerjaan yang sama secara berulang-ulang.
Selanjutnya, macro tak hanya menjalankan script, tapi juga dapat merekam kegiatan keyboard dan mouse. Alhasil, pengguna aplikasi tersebut, cukup melakukan pekerjaan satu kali saja, merekamnya dan aplikasi akan menuliskan scriptnya. Selanjutnya, pengguna cukup menjalankan script tersebut untuk melakukan pekerjaan yang sama.
VBA
Visual Basic for Application adalah turunan dari bahasa pemrograman Visual Basic milik Microsoft. Namun berbeda dengan Visual Basic yang digunakan untuk membuat sebuah aplikasi stand alone (berdiri sendiri), maka VBA didesain untuk bekerja diatas sebuah aplikasi.
Gampangnya, VBA memang didesain untuk menumpang pada sebuah inang. VBA tidak membuat EXE. VBA hanya bisa dijalankan diatas inang tersebut.
Jadi, MS Office yang salah satu produknya adalah Excel, memiliki Macro untuk proses otomatisasi. Dan Macro pada MS Office, menggunakan VBA. Alhasil, sintaks dan routin script macro pada Excel, sama persis dengan VB.
Siapa yang kesal jika kita mencari contoh program VBA di internet tetapi file tersebut di Protect dengan menggunkan password yang sudah pasti kita tidak mengetahuinya. Trus bagaimana caranya membuka program VBA yang diprotect ? Dengan Sartika mencoba memberikan solusi tentang bagaimana cara membuka atau Unprotect file tersebut. 
Langkah-langkah untuk unprotect sebagai berikut :
1. Sobat buka terlebih dahulu file yang di protect. Jika mucul seperti gambar di bawah, maka file di protect. 

2. Bagian ini yang paling utama, senjata utama untuk membuka atau unprotect file tersebut agar bisa di buka untuk mendapatkan Script VBA file tersebut. Buka File Unprotect excelnya.  Setelah itu klik menu buka, dan lihat hasilnya.

4. File yang diprotect telah berhasil di unprotect.

Bagaimana ? sangat mudah bukan untuk membuka file yang di protect. Untuk mendapatkan file unprotect silahkan sobat klik downlod.

Share:

5 komentar: